Berbagai Ukuran Berlian


Bagi pencinta perhiasan barangkali sudah tahu bahwa kualitas berlian dinilai menurut kriteria 4C: cut (bentuk geometri potongan), clarity (kejernihan), carat (karat atau beratnya; 1 karat=200 miligram) dan color (warna).

Namun, kita yang penasaran mengenali berlian pribumi atau palsu, dapat mencoba sendiri cara-cara simpel berikut. Seperti diterangkan Reyne Hirsch, seorang berpengalaman seni dekoratif abad ke-20 dan konsultan guna pasar daring global Lofty, dikutip Business Insider.



Uji memakai kaca pembesar atau perangkat pembesar khusus


Alat pembesar khusus seringkali bisa dibeli di toko perhiasan. Jika tidak, kaca pembesar dapat dimanfaatkan. Apa yang butuh dilakukan? Cincin Kawin Jakarta

Pertama, lihat bentuknya. Mayoritas berlian tercipta dari alam sampai-sampai bentuknya tidak sempurna. Sebaliknya, berlian palsu dapat sangat sempurna. Namun tidak boleh salah, berlian sintetis kualitas tinggi yang dikembangkan di laboratorium pun tidak mempunyai cacat, bahkan dapat jauh lebih sempurna dibanding yang palsu. Bagi itu, lakukan teknik lain guna melengkapi uji coba.

Kedua, amati pinggiran berlian. Berlian pribumi mempunyai tepi yang tajam, sementara berlian palsu tepinya bulat.

Ketiga, simaklah tata letak pemasangan dan dudukan logam. Terutama logam apa yang digunakan. Jika logamnya perak atau dilapisi emas, bisa jadi berlian palsu.

Sebabnya, kecil bisa jadi berlian asli bakal dipasang di atas logam murahan. Sebaliknya, banyak sekali berlian dipasang di atas emas murni atau platina asli.

Di samping itu, perhatikan pun bagaimana pemasangan dan peletakan berlian. Jika pengaturannya terlihat buruk, tersebut menunjukkan kualitas, yang dengan kata lain bisa jadi berlian palsu, atau berbobot | berbobot | berkualitas buruk. cincin berlian

Keempat, lihat goresan. Berlian pribumi adalahsalah satu batu mulia yang mempunyai permukaan serta kepadatan sangat kuat dan keras. Tak akan gampang membuatnya rusak dampak benturan, lagipula hanya sebab tergores permukaan kasar. Jika berlian asli, permukaannya tentu tetap sempurna. Sementara berlian palsu atau zirkonia kubik sangat gampang tergores.



Uji memakai panas


Coba embuskan napas lewat mulut ke arah berlian, serupa menciptakan embun di cermin kamar mandi. Jika berlian palsu, embun bakal menghilang dalam hitungan detik. Sementara embun pada berlian asli bakal segera menghilang begitu diembus.

Ini sebab berlian tahan panas dan mempunyai sifat menghantar panas. Namun, berlian sintetis yang dinamakan moissanite tidak mempan dengan uji ini.

Di samping itu, coba pun memanaskan berlian di atas kompor atau memakai korek sekitar 30 detik. Lalu segera masukkan ke segelas air dingin.

Berlian pribumi tidak mengindikasikan perubahan apa pun, sementara yang palsu dapat memperlihatkan kehancuran seperti retak dari dalam.



Uji kilauan cahaya


Berlian pribumi memantulkan cahaya dengan unik. Coba sinari berlian, dan lihat. Di unsur dalam, berlian bakal berkilau abu-abu dan putih atau putih keabu-abuan (dikenal pun dengan "kilau cemerlang").

Sementara di unsur luar, berlian bakal memantulkan warna bianglala ke permukaan beda (cahaya yang menyebar dampak pantulan berlian ini dinamakan "kilau api").

Bedanya dengan berlian palsu, warna pelangi malah tampak di dalam berlian. Inilah yang tidak jarang disalahpahami orang. Banyak yang berpikir bahwa berlian bakal berkilau laksana pelangi sebenarnya tidak.

Hirsch menjelaskan, berlian tampak flamboyan karena metodenya yang menarik dalam membiaskan dan membelokkan cahaya yang melewatinya. Namun kadangkala, kaca, kuarsa, atau jenis berlian palsu laksana zirkonia kubik dapat meniru "kilau cemerlang" berlian, namun dengan indeks bias yang lebih rendah.

Bahayanya andai kurang teliti, Anda dapat terkecoh. Ada teknik mudah guna meyakinkan kemurnian berlian, laksana berikut:

Gunakan koran. Letakkan berlian di atas koran. Jika tulisan dapat terbaca, meski sedikit, tandanya berlian palsu. Berlian pribumi membelokkan cahaya sampai Anda tidak dapat melihat tulisan, juga bayang-bayang yang menyusun tulisan. Namun terdapat pengecualian, andai potongan berlian tidak proporsional, ada bisa jadi tulisan cetak dapat terbaca meski samar. cincin berlian

Gunakan kertas putih. Gambar titik memakai pena hitam di atas kertas putih. Lalu letakkan berlian tepat di atas titik hitam. Lihat ke unsur dalam berlian. Jika asli, pantulan titik tidak bakal terlihat.

Jika Anda telah melakukan sejumlah uji jajaki di atas tetapi masih bingung menilai kemurnian berlian, terdapat baiknya mulai mendatangi ahlinya guna mendapat kepastian.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Berlian

Koleksi Cincin Berlian Keluarga Kardashian

Terbaru cincin kawin Model